RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
SMAN 1 WONOAYU
Kelas/Semester :
XI MIA 1/1
Mata Pelajaran :
Matematika Wajib
Topik :
Barisan dan Deret Tak Hingga
Waktu :
2×
45 menit (4 pertemuan)
A. Kompetensi Inti SMA kelas XI:
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi
secara efektif
dengan
lingkungan sosial
dan alam
serta
dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan
dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan
faktual,
konseptual, prosedural, dan
meta
kognitif berdasarkan
rasa
ingin
tahunya
tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban
terkait
penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidangkajian
yang spesifik sesuai
dengan
bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji
dalam ranah
konkret
dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak
secara efektif dan
kreatif,serta
mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan konsep
barisan tak hingga sebagai fungsi dengan daerah asal himpunan
bilangan asli.
Indikator:
1.1.1 Memprediksi pola barisan dan deret
geometri atau barisan
lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
1.1.2
Mendeskripsikan
konsep barisan tak hingga sebagai fungsi dengan daerah asal himpunan bilangan
asli.
1.2
Menerapkan konsep barisan dan deret tak hingga
dalam penyelesaian
masalah sederhana.
Indikator:
1.2.1
Menerapkan konsep
barisan dan deret tak hingga dalam penyelesaian masalah sederhana.
1.2.2
Menyajikan hasil
sederhana, menemukan pola barisan dan deret dan penerapannya
dalam penyelesaian masalah dan
Menemukan konsep barisan tak hingga.
1.2.3
Menemukan konsep
deret tak hingga.
1.2.4
Membedakan barisan
konstan, naik dan turun.
1.2.5
Menyusun model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret tak hingga.
1.2.6
Menyelesaikan
barisan dan deret tak hingga dari masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari.
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan
kegiatan diskusi ataupun kegiatan pembelajaran berkelompok dalam pembelajaran
barisan dan deret aritmatika ini siswa diharapkan terlibat langsung dan aktif
dalam kegiatan pembelajaran serta bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, dan mampu menjawab
pertanyaan dan disertakan alasan-alasan logis sesuai dengan materi
pembelelajaran, sehingga siswa dapat:
1.
Pertemuan Ke-1
1.1
Mendeskripsikan penerapan barisan dan deret
dalam pemecahan masalah.
1.2
Menjelaskan penerapan barisan dan deret dalam
pemecahan masalah.
1.3
Menerapkan fungsi dari
bilangan.
2.
Pertemuan Ke-2
2.1 Mencermati jumlah deret
tak hingga
2.2 Bertanya tentang
jumlah deret tak hingga
2.3 Bertanya tentang
penyelesaian masalah barisan dan deret
2.4 Mengkaji tentang jumlah
deret tak hingga
2.5 Menganalisis rumus
suku ke-n barisan dan jumlah n-suku deret, serta jumlah deret tak hingga
2.6 Mempresentasikan rumus
suku ke-n barisan dan jumlah n-suku deret, serta jumlah deret tak hingga.
3.
Pertemuan Ke-3
3.1 Mencermati penyelesaian
masalah barisan dan deret.
3.2 Bertanya tentang
penyelesaian masalah barisan dan deret
3.3 Mengkaji tentang
penyelesaian masalah barisan dan deret
3.4 Menganalisis penyelesaian
masalah barisan dan deret
3.5 Mempresentasikan
penyelesaian masalah barisan dan deret.
D. Materi Pembelajaran
1.
Fakta:
Masalah kontekstual yang berkaitan dengan materi pola barisan dan deret
geometri.
2.
Konsep
:
Pola Barisan, pola deret, barisan geometri, dan deret geometri,
deret tak hingga
3.
Prinsip
:
a)
Barisan
Geometri : un = a.rn-1
b)
Deret Geometri :
Untuk r > 1 Sn =
Untuk r < 1 Sn =
c)
Deret
tak hingga s=
4.
Prosedur :
a.
Langkah-langkah memprediksi pola barisan
dan deret
b.
Langkah-langkah menemukan konsep barisan
geometri
c.
Langkah-langkah menemukan konsep deret
geometri
d.
Langkah-langkah
menemukan konsep deret tak hingga
e.
Langkah
langkah menyelesaikan soal cerita dengan deret tak hingga
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model : PBL ( Problem Basic Learning )
3.
Metode : Diskusi
dan tanya jawab
F. Alat, Media dan sumber pembelajaran :
1.
Alat : Spidol
2.
Media : Papan tulis,
LCD
3.
Sumber : Buku wajib Matematika
Kelas X1, LKS
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 x 45 Menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengucapkan salam
2.
Memberikan Kesempatan
siswa untuk berdoa sesuai dengan agama yang dianutnya.
3.
Mengkondisikan kelas
dalam suasana kondusif, mengecek kehadiran siswa.
4.
Guru mengingatkan siswa dengan materi macam-macam bilangan.
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
6.
Guru memberikan motivasi siswa
dengan memberikan gambaran mengenai
manfaat mempelajari pola barisan dan deret geometri.
|
10 menit
|
inti
|
Mengamati:
a.
Mendeskripsikan
penerapan barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
b.
Mencermati
barisan sebagai fungsi dari bilangan asli.
c.
Menganalisis
penerapan barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
d.
Menganalisis
barisan sebagai fungsi dari bilangan Asli.
Menanya:
a.
Bertanya tentang penerapan
barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
b.
Bertanya tentang
barisan sebagai fungsi dari bilangan
asli
Mengekplorasi:
a. Menerapkan fungsi dari bilangan.
Mengasosiasi:
a.
Mengkaji
tentang penerapan barisan dan deret dalam pemecahan masalah
b.
Mengkaji
tentang barisan sebagai fungsi dari
bilangan Asli.
Mengkomunikasikan:
a)
Menjelaskan
penerapan barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
b)
Menjelaskan
penerapan barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
c)
Mempresentasikan
penerapan barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
d)
Mempresentasikan
tentang barisan sebagai fungsi dari bilangan Asli.
|
10 menit
10 menit
5 menit
10 menit
35 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.
Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk
mencari materi persamaan kuadrat dari sumber lain.
3.
Guru memberikan tes beberapa soal kepada peserta didik.
4.
Guru menutup materi pelajaran dengan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan Ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengucapkan salam.
2.
Memberikan Kesempatan
siswa untuk berdoa sesuai dengan agama yang dianutnya.
3.
Mengkondisikan kelas
dalam suasana kondusif, mengecek kehadiran siswa.
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
5.
Guru memberikan motivasi siswa
dengan memberikan gambaran mengenai manfaat
mempelajari barisan dan deret geometri tak hingga dalam kehidupan sehari-hari.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati:
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk membentuk kelompok ( satu kelompok terdiri dari 4-5 siswa
2. Mencermati jumlah deret tak hingga.
3. Menganalisis rumus suku ke-n barisan dan
juman n-suku deret, serta jumlah deret tak hingga
Menanya:
1. Bertanya tentang jumlah deret tak hingga
2. Bertanya tentang penyelesaian masalah
barisan dan deret tak hingga dalam masalah kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi:
Mengasosiasi:
1. Mengkaji tentang jumlah deret tak hingga
2. Masing-masing
peserta didik menyelesaikan tugas
mengenai konsep barisan dan deret tak hingga.
Mengkomunikasikan:
1. Mempresentasikan rumus suku ke-n barisan dan
jumlah n-suku deret, serta jumlah deret tak hingga.
2. Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang
cara menyusun model matematika dari
permasalahan sehari-hari ke dalam bentuk deret geometri tak hingga
3. Masing-masing perwakilan kelompok
menunjukkan dan mengkomunikasikan dari hasil diskusi kelompok. tentang
menyusun dan menyelesaikan masalah barisan dan deret tak hingga
|
10 menit
5 menit
10 menit
10 menit
40 menit
|
Penutup
|
1. Guru memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk -menyimpulkan materi yang telah
dipelajari..
2. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
memberikan pesan untuk tetap belajar
|
5 menit
|
Pertemuan ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengucapkan salam.
2. Memberikan Kesempatan siswa untuk berdoa
sesuai dengan agama yang dianutnya.
3. Mengkondisikan kelas dalam suasana kondusif,
mengecek kehadiran siswa.
4. Guru memberikan motivasi kepada siswa
dengan menyebutkan beberapa manfaat dan pentingnya mempelajari materi barisan dan deret tak hingga.
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai setelah selesai pembelajaran.
6. Guru menyampaikan kegiatan yang dilakukan
: tanya jawab,pemberian tugas,presentasi
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati:
1. Siswa
diberi kesempatan untuk mengkaji pustaka tentang berbagai
cara menentukan barisan
dan deret tak hingga dan mampu menentukan penyelesaiannya.
2. Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan
berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.
Menanya:
-
Guru
menanyakan kesiapan siswa dalam menyelesaikan tugas yang
akan diberikan kepada siswa.
Mengeksplorasi:
-
Masing-masing siswa
memecahkan dan menyelesaikan tugas dalam bentuk konsep barisan dan deret tak hingga.
Mengasosiasi:
-
Masing-masing
siswa mampu menyelesaikan soal-soal dalam waktu yang sudah ditentukan.
Mengkomunikasikan:
-
Guru
meminta beberapa siswa untuk menyajikan / mempresentasikan dan menjelaskan hasil
pekerjaannya dan siswa yang lain menanggapi sajian dari perwakilan temannya
|
15 menit
5 menit
15 menit
15 menit
25 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.
Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk
mencari materi barisan dan deret tak hingga dari sumber lain.
3.
Guru memberikan tes beberapa soal kepada peserta didik.
4.
Guru menutup materi pelajaran dengan salam.
|
5 menit
|
Pertemuan Ke-4
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengucapkan salam.
2.
Memberikan Kesempatan
siswa untuk berdoa sesuai dengan agama yang dianutnya.
3.
Mengkondisikan kelas
dalam suasana kondusif, mengecek kehadiran siswa.
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
5
menit
|
Inti
|
Mengamati:
-
Mengamati
persiapan siswa menjelang UH (ulangan harian).
-
Siswa
mengamati soal-soal yang sudah diberikan
Menanya:
-
Guru
menanya tingkat kesulitan kepada siswa mengenai materi dan soal UH ( ulangan
Harian ) yang diberikan.
Mengeksplorasi:
-
Siswa
memecahkan masalah dari soal-soal UH ( ulangan Harian ) pada materi barisan
dan deret tak hingga.
-
Mengasosiasi:
-
Masing-masing
siswa menyelesaikan soal mengenai materi barisan dan deret tak hingga.
Mengkomunikasikan:
-
Setelah selesai ulangan, guru menyampaikan dan membahas
tentang
cara-cara penyelesaian
dari soal ulangan harian
yang sudah diberikan
|
10 menit
5 menit
10 menit
30 menit
25 menit
|
Penutup
|
-
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk -menyimpulkan materi yang telah
dipelajari.
-
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap
belajar
|
5 menit
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Bentuk dan instrumen
penilaian terlampir
2.
Pedoman penskoran
terlampir
I.
Prosedur Penilaian Hasil Belajar
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran barisan dan deret tak hinnga
b.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menyelesaikan barisan
dan deret tak hingga secara tepat,
sistematis
b.
Menyatakan perbedaan barisan dan deret tak hingga
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a.
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan barisan dan deret tak hingga
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
LEMBAR 1
Latihan Soal
TES TERTULIS PERTEMUAN KE
3
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : XI Mia
1
Kompetensi Dasar :
1.2 Menerapkan konsep
barisan dan deret tak hingga dalam penyelesaian masalah sederhana.
|
Soal
1.
Jumlah deret geometri tak hingga 10 + 2 +
+ ….adalah …. (skor
10)
2.
Jumlah deret geometri tak hingga
+
+
+ …. Adalah ….(skor
10)
3.
Diketahui jumlah deret geometri tak hingga =
10 dan suku pertamanya 2. Rasio dari deret tersebut adalah …. (skor 15)
4.
Suku ke-n suatu deret geometri dinyatakan
.
Jumlah sampai tak hingga deret
tersebut adalah …. (skor 15)
5.
Suku ke-n suatu deret geometri adalah 4-n.
Jumlah tak berhingga deret tersebut sama dengan ….(skor 15)
6.
Pada deret geometri tak hingga diketahui
jumlahnya sama dengan 48 dan rasionya sama dengan
. Suku ke-2 sama dengan …. (skor 15)
7.
Sebuah bola jatuh dari ketinggian 12m dan
memantul kembali dengan ketinggian
kali tinggi
sebelumnya, begitu seterusnya hingga bola berhenti. Jumlah seluruh lintasan
bola adalah…. (skor 20)
LEMBAR 2
SOAL
TES TERTULIS (UH)
PERTEMUAN KE 4
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas : XI Mia 1
Kompetensi Dasar :
1.2 Menerapkan konsep barisan
dan deret tak hingga dalam penyelesaian masalah sederhana.
|
SOAL!
1.
Tentukan jumlah tak
hingga dari deret geometri berikut.
a.
45 + 15 + 5 + ….(skor
10)
b.
10 + 2 +
+ …. (skor 10)
2.
Jumlah semua suku
deret geometri tak hingga adalah 9, sedangkan jumlah suku bernomor genap adalah
. Suku ke-4 deret tersebut adalah …. (skor 15)
3.
Suku ke-n suatu
deret geometri adalah 2-n. Jumlah tak hingga deret tersebut sama
dengan … (skor 15)
4.
Suku pertama dan
suku ke-2 suatu deret geometri berturut-turut adalah a-4 dan ax,
jika suku ke delapan adalah a52, maka berapa nilai x …. (skor 25)
5.
Sebuah bola elastis
dijatuhkan dari ketinggian 2m. Setiap kali memantul dari lantai, bola mencapai
ketinggian
dari ketinggian
sebelumnya. Berapakah panjang lintasan yang dilalui bola hingga berhenti….. (skor
25)
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata
Pelajaran :
Matematika Wajib
Kelas/Semester
:
XI / 1
Tahun
Pelajaran :
2015/2016
Waktu
Pengamatan : Pada saat kegiatan pembelajaran
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran
barisan dan deret tak hingga
1. Kurang baik, jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3. Sangat baik, jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas
kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerja sama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang baik, jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum
ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik, jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus
menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom
sesuai hasil pengamatan.
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X1 MIA 1/ 1
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Waktu Pengamatan :Pada saat kegiatan pembelajaran.
Indikator terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan barisan dan deret tak hingga
Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan nilai fungsi di berbagai kuadran
1.
Terampil jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan nilai fungsi di berbagai kuadrantetapi belum tepat.
2.
Sangat terampill,jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai
kuadran dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
Keterangan:
KT :
Kurang terampil
T :
Terampil
ST :
Sangat terampil
|
|
Wonoayu,
14 november 2015
Guru pamong
Mahasiswa
PPL
Eko
Harianto, S.Pd Eka
Nur Widiawati
NIP. 19720116 200501 1 009 NIM. 1231031
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs. Digdo Santoso, M.Pd
NIP. 19640109 199003 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar